Dhika Cikul



« | »

Perbedaan SATA, PATA / ATA dan SCSI

Banyak dari kita yang sering mendengar hard disk jenis SATA atau PATA/ATA. Sebenarnya apa perbedaan dari teknologi SATA dan PATA?

Sebelumnya kita fahami dulu pengertian dari PATA dan SATA, keduanya berdasar dari kata ATA (Advanced Technology Attachment), sebuah standar yang digunakan untuk menghubungkan hard disk, CD-ROM, DVD-ROM pada komputer. PATA digunakan untuk menyebutkan Pararel ATA dan SATA untuk Serial ATA :

PATA (Pararel ATA)

Pada awalnya harddisk PATA disebut hanya dengan ATA, namun setelah munculnya SATA ditambahkan kata Pararel didepannya untuk membedakan antara teknologi PATA dan SATA. Disebut dengan Pararel ATA karena pemasangannya dilakukan secara pararel dengan device / IDE lainnya.

PATA tidak memiliki kemampuan Hot Swappable, kabel data yang dibutuhkan mencapai 40 kabel yang membuatnya dinilai tidak praktis, serta memiliki panjang kabel interface maksimal 18 inci (46 cm), namun banyak juga produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm).

Kabelnya sendiri menggunakan ribbon-cable yang lebar. keterbatasan ini menjadikan PATA hanya sebagai interface internal storage. Interface ini juga mengalami perkembangan yang lambat mulai dari tahun 1994. UDMA 6 (133) atau Ultra DMA 133 adalah terobosan terakhir yang dikeluarkan pada tahun 2005 dan mulai saat itu boleh dibilang perkembangan harddisk PATA berhenti.

SATA (Serial ATA)

SATA merupakan pengembangan dari PATA, pertama kali dirilis tahun 2002. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Dimana satu device dipasang pada satu port SATA, sehingga pemasangan kabel lebih rapi dan lebih kecil dibanding kabel PATA.

Penggunaan NCQ (Native Command Queuing) yang digunakan pada harddisk SCSI, akibatnya kinerja mekanis juga lebih efisien dan menjaga umur harddisk menjadi lebih lama (awet) dan akses data jauh lebih cepat dibanding dengan PATA. SATA menggunakan encoding 8/10 byte, dengan tingkat efisiensi pada 80%.

Dengan teknologi NCQ, SATA dimungkinkan menjadi interface eksternal (eSATA) dan tanpa meninggalkan fasilitas hot plug untuk menjadikan harddisk sebagai removeable storage.

Beberapa fitur SATA adalah:

SCSI (Small Computer System Interface)
SCSI dibaca skasi, awalnya bernama SASI ( Shugart Associate System Interface ).

SCSI banyak digunakan untuk koneksi dalam Server dan juga banyak digunakan oleh perangkat Apple. SCSI mempunyai berbagai macam versi yaitu SCSI, Ultra-2 SCSI dan Ultra-3 SCSI.

SCSI-1 memiliki 2 macam kecepatan yang bekerja secara asinkron, yaitu 3.5 MB/detik atau 5MB/detik. Panjang kabel ini mencapai 6 meter.

Pada tahun 1989 SCSI versi 2 diluncurkan, pada versi ini terdapat 2 varian yaitu Fast SCSI yang memiliki kecepatan 10MBps dan Wide SCSI yang memiliki kecepatan 20 MBps.

Dilanjut dengan kehadiran SCSI versi 3 yang memiliki 2 varian pula, yaitu Ultra SCSI dan Ultra Wide SCSI.

Dan pada tahun 1997 Ultra-2 SCSI diluncurkan dan mempunyai 2 varian pula, yaitu Ultra2 SCSI yang memiliki kecepatan 40MBps dan Ultra2 Wide SCSI yang memiliki kecepatan 80Mbps. Keduanya menggunakan kabel mencapai 12 meter. Lalu pada versi Ultra-3 SCSI mempunyai kecepatan 160Mbps.

Hard disk SCSI lebih banyak digunakan untuk server atau sistem yang memerlukan hard disk yang sangat cepat, misalnya untuk keperluan multimedia. Karena harganya cukup mahal, maka interface ini jarang digunakan untuk keperluan personal.

Incoming search terms:

pata | sata vs ide | sata pata | pata sata | ide pata | sata ata | sata | ata vs sata | pata hard disk | sata adalah | 

Share and Enjoy

Posted by on 6 April 2011.

Categories: Technology

5 Responses

  1. kalo sata bisa di pararel g? mohon petunjuk’y para master………… :)

    by dhaniie on Nov 15, 2012 at 4:43 am

  2. Ada gan, saya jual converter sata to ide/pata

    Saya jual berbagai macam kabel converter
    Converter USB To PS2 = Rp 10.000
    Converter USB SOUND = Rp 24.000
    Converter IDE To SATA Internal = Rp 31.000
    Converter USB to PRINTER PARALLEL = Rp
    31.000
    Converter USB PCI Card = Rp 34.000
    Converter USB To LAN = Rp 36.000
    Usb to SATA/IDE Cable Standart = Rp 51.000
    Usb to SATA/IDE Cable High Quality = Rp
    81.000
    Kabel Usb 5 Pin 1,2m High Quality = Rp 10.000
    Lokasi surabaya

    Bisa cod, harga bisa nego minimal beli 5 biji … Lebih dari itu bisa lebih nego

    Menerima luar kota maupun luar pulau, via tiki/jne
    Ongkir ditanggung pembeli
    Beli yang banyak biar gak rugi!
    Kami distributor aksesoris komputer
    Hubungi 089604350847

    No rekber
    Meskipun kami no rekber, kami no tipu2
    Buktinya kami berani cod daerah surabaya

    Sekian terima kasih

    by hamzah on Jan 4, 2013 at 10:10 am

  3. saya sering menimpan dokumen tapi saat aku buka filenya error

    by isabel dos anjos on Apr 22, 2013 at 2:00 pm

  4. perbedaan antara sata dan pata dan bagaimana cara untuk mengecek kapasitas harddisk

    by isabel dos anjos on Apr 22, 2013 at 2:06 pm

  5. mau nanya ke Hamzah nih….Punya kabel hdd jenis SCSI To Sata gak ?

    by JidanHome Incorporated on Jul 13, 2013 at 7:35 pm

Leave a Reply

*

« | »




Recent Posts


Pages



About Dhika Cikul

Dhika Cikul Database Administrator, Web Programmer, copywriter and system administrator, currently living in Malang, East Java, Indonesia. Personal Detail : Name : Dhika Nick Name : Cikul Nationality : Indonesian Hometown : Malang Affiliation : Dutahost, Web Hosting Provider http://www.dutahost.net SplitHost, Web Hosting Provider http://www.splithost.com Domain Registration, http://www.yournameglobal.com Database Administrator & Web Programmer Education : D3 […]more →