Reset Indikator Tinta Epson L Series

Posted by cikul | Posted in Tips | Posted on 11-04-2018-05-2008

0

Jika printer Epson L Series memunculkan error “It is nearly time to reset the ink levels“, dan lampu indikator tinta di printer menyala orange, dan anda merasa tinta masih banyak atau tabung pembuangan tinta sudah diarahkan keluar, maka jangan panik terlebih dahulu.

Pada printer Epson, pengukuran kapasitas tinta bukan berdasar berapa sisa tinta yang tersedia di ink tank, namun mereka menghitung berapa banyak cetakan yang sudah dibuat, jika sudah mencapai jumlah cetak tertentu, dengan berbagai macam indikator lain semisal, kualitas cetak, warna, dll. Maka printer akan memberikan notif untuk penggantian tinta. Jika sudah muncul error semacam ini, cara normalnya, kita harus beli tinta original epson, dan memasukkan serial number yang berada di kemasan botolnya.

Namun jika anda seperti saya yang pakai tinta non original, yang penting hasil cetaknya tetap bagus :D maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset. Cara yang paling mudah menggunakan software resetter yang bisa diunduh gratis di Internet. silahkan cari saja dengan keyword “Epson Adjustment Program“.

Jika sudah mendapatkan software resetter tersebut, maka hidupkan printer dengan tidak lupa menghubungkan ke komputer, kemudian jalankan software resetter yang sudah diunduh

Pilih model printer yang dimiliki dengan klik “Select”

 

Setelah itu klik “particular adjustment mode

Pilih “waste ink pad counter kemudian klik OK

Klik sesuai urutan angka pada gambar, jika sudah ada notice OK, matikan printer dan nyalakan lagi.

Cara Manual

Jika anda terkendala untuk menjalankan aplikasi resetter diatas seperti saya karena tidak compatible dengan MAC dan aplikasi resetter di MAC hampir semuanya berbayar :D maka anda bisa lakukan secara manual. Berikut langkah-langkahnya :

  • Nyalakan printer, tunggu sampai lampu indikator power sudah tidak berkedip
  • Tekan tombol resume (yang menyala orange) selama 5 detik
  • Tekan lagi selama 3 detik
  • Terakhir tekan lagi selama 1 detik
  • Setelah itu warna orange pada tombol tersebut akan hilang, jika belum maka coba ulangi dari awal.
  • Jika sudah hilang, matikan printer, dan kemudian nyalakan kembali
  • Printer sudah siap dipergunakan kembali.

Selamat Mencoba :)

Write a comment

*