Soto Kambing, Kuliner khas asli Malang

Posted by cikul | Posted in Life | Posted on 03-06-2012-05-2008

0

Awal munculnya soto kambing hanya untuk kebutuhan makan besar Slametan, barikan, atau upacara desa di beberapa lokasi di Malang, khususnya desa yang berada di lereng gunung Arjuna. Kemudian mulai muncul beberapa pedagang yang mencoba peruntungan dengan berdagang soto kambing.

Penjual soto Kambing di Malang ada yang dijual keliling ke keramaian dan pasar malam, ada tontonan tersendiri ketika melihat pedagang soto kambing dengan dipikul dan biasanya penjualnya asyik dengan kalung sarung.

Yang khas dari soto kambing ini adalah adanya aroma kayu bakar yang selalu menyertai ketika kita berada di sekitar penjual Soto Kambing. Ya, memang salah satu ke-khas-an soto kambing ini adalah cara pemanasan tungku-nya yang menggunakan Kayu Bakar, dan tentunya itu menimbulkan sensasi kenikmatan tersendiri, dan percaya atau tidak, rasa khas tersebut terasa sampai ke kuah sotonya, sehingga benar2 menambah selera.

Lokasi Soto Kambing di Malang ada di beberapa tempat, Kebanyakan ada di daerah utara kota malang menuju Batu. Ada yang mangkal di jalan tembus Gundang dekat Unmuh Landungsari, juga di jalan tembusan di pintu barat Taman sengkaling, di tengah sawah ketangi, mBawang, barat RRI, griya santa, barat pasar Karangploso, sopit urang, wajak dll dan bahkan ada juga yang dipikul keliling. Uniknya semua tak ada tulisan kambing, wedus,mendo,embik, cempe.

Walaupun tidak ada tulisan Soto Kambing, orang tahu bahwa warung tsb jualan Soto Kambing mesti hanya tertulis Soto saja

Yang benar2 tertulis soto Kambing hanya yang di sebelah barat RRI Malang dan bahkan ada juga yang membuka Soto Kambing di JOGJAKARTA di Jl. Damai JOGJA – Soto Kambing “Jumali”

Thanks to Cak Jumali untuk beberapa referensinya

Incoming search terms:

kuliner malang | TULISAN HALAL | kuliner malang murah | 

Share and Enjoy

Write a comment

*